Saturday, February 27, 2016

B2B (BUSINESS TO BUSINESS)


PENGERTIAN B2B DAN PENERAPANYA

apa itu B2B?

Pengertian business to business adalah transaksi antara institusi bisnis (perusahaan) dengan institusi bisnis lainnya. Contohnya: Pabrikan berbisnis dengan distributor, pabrikan dengan suatu perusahaan agen pemasaran, atau distributor dengan agen penjualan, atau perusahaan retail (retailer) yang menjual langsung kepada konsumen.
Untuk memfasilitasi kegiatan business to business melalui internet dan meningkatkan volume bisnis, sekaligus branding dan marketing, dibutuhkan minimal 2 komponen berikut.

1. Website Bisnis atau website perusahaan

Perusahaan seyogyanya sudah memiliki website untuk memasarkan produk/jasanya dan sekaligus branding bisnisnya.
Website merupakan alat yang sangat efektif untuk merepresentasikan bisnis anda ke seluruh dunia, yang kapanpun bisnis anda dapat dibaca, didengar, dilihat oleh pengguna internet di seluruh dunia.
Dengan insvestasi yang sangat murah, bisnis anda akan dikenal, dan meningkatkan sales dan branding tentunya, hal ini dengan asumsi bahwa website anda berpenampilan ‘corporate’, tidak murahan dan informasi yang disajikan dalam website anda memang relevan dengan yang dibutuhkan bisnis maupun perorangan dan selalu up-to-date, artinya website anda selalu di’maintain’ atau di’manage’ dengan baik.
Pertanyaan: Jika anda tidak memiliki website, untuk mencapai bisnis atau klien potensial, apakah anda mampu melayani dengan informasi selama 24 jam terus menerus? menggunakan apa? fax, telepon atau surat secara konvensional? Coba bandingkan jika anda memiliki website bisnis sendiri…..

2. Email Bisnis

Pada akhir tahun 90-an, perusahaan mulai menggunakan email gratis sepertiyahoo.com, hotmail.com, dll. Pada waktu itu, masih lumrah dan acceptable untuk menggunakan email gratisan untuk bisnis. Namun, sekarang ini (2010) citra dari sebuah bisnis tidak lebih baik dibandingkan dengan menggunakan email bisnis (email perusahaan). Mengapa? Karena meskipun anda menggunakan yahoo (misalkan) yang berbayar, tetap saja orang akan menganggap email anda gratis. Lalu, dengan menggunakan email gratisan untuk bisnis, pencitraannya sudah menurun dikarenakan banyak digunakan untuk spamming, email-email yang menawarkan jasa atau produk yang nota bene kebanyakan digunakan perorangan.
Untuk itulah, sangat disarankan bagi anda pemilik bisnis, baik bisnis kecil maupun menengah untuk memulai menggunakan email bisnis (email perusahaan) dengan nama domain perusahaan.
Contoh: Nama perusahaana anda adalah Singcat Network, maka nama domainnya adalah singcat.com atau singcat.co.id, alamat websitenya adalahhttp://www.singcat.com atau http://www.singcat.co.id dan email yang anda gunakan adalah sales@singcat.com, info@singcat.com, hrd@singcat.com, support@singcat.com, atau dengan akhiran .co.id yang tadi. .

Saran:
Meskipun bisnis anda tergolong kecil, dimanapun bisnis anda berada (di desa sekalipun) anda sebagai pengusaha WAJIB memiliki website dan email perusahaan.
Bagaimana mungkin customer anda yakin, percaya, jika bisnis anda tidak memiliki website?
Customer anda juga akan berpikir: Perusahaan anda ini apakah benar perusahaan atau perorangan? Masa untuk membuat sebuah website perusahaan saja tidak mampu?


Perusahaan yang menerapkan e-bisnis secara B2B

B2B (Business to Business) merupakan transaksi bisnis yang dilakukan secara elektronik melalui jaringan internet, extranet, intranet, atau jaringan local. Perusahaan di Indonesia yang menerapkan konsep B2B :

PT Repex Wahana merupakan holding company yang menaungi beberapa anak perusahaan atau strategic business unit (SBU). Sebagai One Stop Logistics provider, PT Repex Wahana senantiasa menawarkan pelayanan yang berkesinambungan yang merupakan jawaban atas kebutuhan pelanggan dewasa ini. Untuk mencapai hal tersebut, maka PT Repex Wahana melakukan re-brandingdengan tujuan menyatukan misi serta menyamaratakan kualitas pelayanan yang seragam dari seluruh Strategic Business Unit. PT Repex Wahana (http://www.rpxholding.com/), salah satu perusahaan jasa pengiriman (cargo) ternama di negara Indonesia, juga sukses menggarap segmen B2B. Saat ini 90% pelanggannya adalah perusahaan, sedangkan 10% individu atau retail. Kunci sukses perusahaan ini dalam menggarap pasar B2B adalah focus pada excellent product, memberikan excellent service, dan continuous improvement. Kegiatan inbound dan outbound ini harus sesuai dengan prosedur yang telah ditetapkan agar tidak terjadi kegagalan dalam pengiriman dokumen dan paket. Aktivitas pengiriman atas dokumen dan paket tersebut harus dalam kondisi yang aman, tepat waktu sampai ketempat tujuan, karena sesuai dengan visi dan misi dari RPX-APA.

PT Avesta Continental Pack (http://www.avesta.co.id) , sebuah perusahaan yang bergerak di bidang packaging untuk produk-produk industri farmasi, juga sukses di pasar B2B. Sekitar 70-80% perusahaan farmasi di Indonesia menjadi pelanggan tetapnya. Sang Presiden Direktur, Kuntoro W Nurtanio, menjelaskan ada 5 prinsip yang dijalankan perusahaannya. Yaitu prinsip 5R: right quality, right quantity, right time, right price, dan right product. Selain itu value yang selalu diberikan adalah kredibilitas yang tinggi. PT Avesta tidak mau menerima perusahaan pemalsu obat & jamu yang tidak mengantongi izin resmi dari pemerintah menjadi kliennya. Peran sebagai konsultan packaging pun dijalankan juga. Sering mengundang dan diundang oleh pimpinan perusahaan klien untuk membahas soal packaging. Inovasi baru kemasan selalu dikomunikasikan kepada para pelanggan. Caranya baik secara korporat melalui gathering, seminar, atau rekreasi bersama para pelanggan. Juga secara personal dengan main golf atau tenis.

PT Asaba (Aneka Sakti Bakti) adalah sebuah perusahaan distribusi yang bergerak di bidang alat-alat tulis dan peralatan kantor dengan visinya: “Terkenal sebagai perusahaan pemasaran yang inovatif di dalam mengembangkan usaha serta mencapai kepuasan pelanggan” dan misinya “ Senantiasa mengembangkan usaha dan citra perusahaan dengan mengutamakan kepuasan pelanggan.” Didukung dengan visi dan misinya itu, PT Asaba dapat bertahan sampai saat ini dengan usia hampir 30 tahun, walaupun pada tahun 1998 PT Asaba sempat mengalami perampingan usaha karena krisis moneter yang melanda Indonesia. Selain bergerak di bidang pendistribusian alat-alat tulis dan perlengkapan kantor, PT Asaba juga bergerak di bidang: Office Automation (mesin binding, laminating, mesin fotocopi), aplikasi komputer, industri makanan dan plastik, produksi pensil, ballpoint, dan lain-lain.

PT Asaba (http://www.asaba-indo.com/), perusahaan distributor peralatan kantor, juga terbilang sukses dalam memasuki pasar B2B. Selain penyediaan alat-alat kantor, bahkan sekarang sudah berkembang juga di bisnis manajemen data, sistem keamanan, sistem survey, dll. dalam menggarap pasar B2B, Asaba menerapkan 7 langkah, yaitu: branding the people, brand architecture, audience identification, brand positioning, brand personality, dan consistent.

REFERENSI : 
https://singcat.wordpress.com/2010/12/02/bisnis-to-bisnis-business-to-business-atau-b2b/
http://eddybong.blog.binusian.org/teknologi-informasi-dan-komunikasi/penerapan-e-business-secara-b2b-b2c-c2c/

2 comments:

  1. jasa pengurusan import dan undername import by seaport and airport. PT. TWINS ORIGINAL PORTA .
    Technical Import

    FAHMY ANDRIO
    ( Exekutif Import )

    PT. TWINS ORIGINAL PORTA
    jl. otista kampung melayu , jakarta timur
    Hp/WA : 0852 8130 5155
    Mobile : 021-21011979
    Email : fahmyimport@yahoo.com


    https://frightforwarder.blogspot.co.id/2016/12/pt.html

    ReplyDelete
  2. Dear : Custumer Import & Domestics
    Kami dari PT. TWIN Logistics mengajukan penawaran kerjasama dalam bidang pengurusan barang Import RESMI & BORONGAN.

    Services Kami,
    Customs Clearance Import sistem Resmi maupun Borongan
    Penanganan secara Door to Door ASIA & EROPA Sea & Air Service
    Penyediaan Legalitas Under-Name (Penyewaan Bendera Perusahaan)
    Pengiriman Domestik antar pulau seluruh Indonesia laut dan Udara atau Darat.



    Terima kasih atas kepercayaan kepada kami, semoga kerjasamanya berjalan dengan lancar.
    Jika ada yang inggin dipertayakan, silahkan hubunggi kami di Nomor Phone : +62 21 8498-6182, 8591-7811 Whatssapp : 0819-0806-0678 E-Mail : andijm.logistics@gmail.com

    Best Regards,

    Mr. Andi JM
    Hp Whatssapp : 0819-0806-0678 / 0813-8186-4189
    = = = = = = = = = = = = = = = = = = = = = = = = = = = == = = = =
    PT. TUNGGAL WAHANA INDAH NUSANTARA
    Jl. Raya Utan Kayu No.105 B Jakarta Timur 13120 Indonesia
    Phone : +62 21 8498-6182, 8591-7811 Fax : +62 21 8591-7812
    Email : andijm.logistics@gmail.com, cs@twinlogistics.co.id
    Web : www.twinlogistics.co.id

    ReplyDelete