Saturday, March 5, 2016

PEMASARAN MENGGUNAKAN MEDIA SOSIAL

Cara Menjalankan Strategi Pemasaran Menggunakan Berbagai Platform Media Sosial

Berikut adalah kumpulan gambaran singkat tentang cara menggunakan media sosial untuk strategi pemasaran sesuai dengan masing-masing platform. Berbagai situs media pemasaran media sosial akan memerlukan teknik yang berbeda-beda. Jadi, kembangkan strategi yang sesuai dengan platform yang Anda pilih.

Facebook

Dari sekian banyakn media sosial, Facebook adalah salah satu media sosial dengan jumlah pengguna terbanyak di Indonesia. Untuk menggunakan Facebook sebagai strategi pemasaran, mulailah dengan membuat Fanpage Facebook utnuk keperluan bisnis online Anda. Perhatikan tata letak dan komponen visual adal;ah salah satu kunci untuk meraih banyak followers. Halaman fanpage pada Facebook dibentuk untuk membangun hubungan baik antara calon customer dengan Anda. Bukan hanya itu, Anda juga dapat memosting konten-konten lainnya, misalnya seperti artikel yang masih ada kaitannya dengan bisnis Anda, gambar, video, info grafik, dan masih banyak lagi lainnya.

Google+


Google+ adalah pesaing baru bagi platform media sosial yang ada. Dengan menggunakan Google+ untuk media sosial, Anda dapat meng-upload, berbagi foto, video, link. Anda juga dapat memanfaatkan menu Google+ Circles untuk membagi followers Anda ke dalam kelompok-kelompok kecil. Sehingga, memungkinkan Anda untuk berbagi informasi dengan beberapa followers yang sudah Anda pilih. Anda juga dapat mencoba hosting konferensi video dengan Hangouts dan mencoba fitur Experiment dengan cara-cara yang kreatif.

Pinterest


Pinterest merupakan platform media sosial terbaru yang dapat dicoba sebagai strategi pemasaran bisnis onlineterbaik Anda. Pinterest akan memungkinkan usaha kecil untuk menampilkan penawaran produk mereka sendiri dengan beberapa pinboards yang unik.

Twitter


Twitter adalah alat pemasaran media sosial yang memungkinkan Anda menyiarkan pembaruan Anda di seluruh website. Untuk mendapatkan followers, Anda dapat mem-follow beberapa akun Twitter sejenis, yang masih memiliki bidang usaha atau bisnis yang sama. Hal tersebut dilakukan dengan maksud untuk memancing followers. Selalu perbaharui tweet Anda terkait dengan penawaran spesial, diskon, danupdate konten menarik dengan cara-cara yang kreatif dan menyenangkan. Pastikan untuk selalu me-retweet jika terdapat testimoni baik dari customerAnda. Jika Anda menggunakan Twitter sebagai alat pemasaran, itu artinya Anda juga harus aktif untuk berinteraksi dengan calon customer yang potensial.

Linkedln

Linkedln adalah salah satu situs pemasaran media sosial yang lebih profesional. Grup Linkedln adalah tempat yang sempurna untuk memasuki sebuah diskusi profesional dengan orang-orang yang berada di industri yang sama dan menyediakan tempat untuk berbagi konten secara individu.

Buatlah profil Linkedln Anda lebih meyakinkan. Rekomendasi pada profil Linkedln akan membuat bisnis Anda muncul lebih kredibel dan dapat diandalkan oleh customer baru. Telusuri juga pertanyaan yang ada di Linkedln. Memberikan jawaban akan membantu Anda mendapatkan simpatik dan memperoleh kepercayaan customer.

YouTube


YouTube merupakan alat pemasaran yang tepat untuk konten video. Banyak perusahaan mencoba untuk membuat konten video yang kreatif dan menarik. Jika Anda ingin menggunakan YouTube sebagai alat pemasaran, maka lebih perbanyak lah konten video yang bersifat instruktif. Misalnya “Bagaimana untuk (How to)”. Hal ini dapat bermanfaat untuk meningkatkan hasil pencarian video dari Google. Jadi, tetap perhatikan konten dan kata kunci dari video yang akan Anda buat.

Pada intinya, memanfaatkan media sosial sebagai alat pemasaran memang langkah jitu untuk membangun bisnis online terbaik. Namun, hal tersebut akan sia-sia jika akun media sosial Anda tidak memiliki banyak Followers. Untuk itu, bagaimanapun caranya dan apapun platform media sosial yang Anda pilih, Anda harus berusaha mendapatkan banyak followers terlebih dahulu. Semoga membantu.

0 komentar:

Post a Comment