Saturday, March 5, 2016

MANFAAT MEDIA SOSIAL

PEMANFAATAN MEDIA SOSIAL BAGI BISNIS ONLINE

Modernisasi benar-benar telah mengubah kebiasaan masyarakat kita. Jika sebelumnya penyebaran informasi hanya dilakukan melalui media cetak dan elektronik, kini informasi secara cepat dapat tersebar dengan baik melalui media internet, khususnya melalui jejaring sosial. Bahkan, melalui media sosial telah membentuk ruang publik, di mana masyarakat bebas mengekspresikan pendapat atau aktivitasnya.

Berdasarkan kutipan berita yang dilansir dari Vivanews.com pada 17 Maret 2011, menurut survei yang dilakukan oleh Candytech pada tahun 2011, Indonesia menjadi negara terbesar kedua setelah Amerika Serikat sebagai pengguna Facebook terbanyak, yakni hampir mencapai 34 juta anggota, atau tepatnya 33.920.020 anggota. Hal Ini tentu menjadi peluang bagi mereka yang ingin mendapatkan kesempatan untuk melakukan bisnis onlineterbaik. Media sosial dianggap sebagai strategi jitu untuk memasarkan produk atau jasa secara online.

Namun, media sosial tak hanya terpaku pada Facebook saja. Melainkan, juga terdapat Twitter, Google+, blog, forum, Linkedln, Pinterest, dan lain-lain. Jadi, bagaimana cara Anda untuk menetapkan media sosial sebagai langkah untuk strategi pemasaran Anda?
Gunakan Media Sosial dengan Hati-Hati

Mengapa media sosial sangat penting untuk keberlangsungan bisnis online terbaik Anda?

Jawabannya sederhana. Media sosial merupakan platform sempurna yang memungkinkan Anda untuk berinteraksi secara langsung dengan customer yang sudah Anda dan customer potensial lainnya. Dengan demikian, Anda dapat menggunakan media sosial untuk meningkatkan penjualan produk Anda.

Namun, jika Anda menggunakan media sosial untuk membantu strategi pemasaran, maka Anda perlu berhati-hati. Oleh sebab itu, poin-poin berikut harus Anda perhatikan terlebih dulu:
  • Menjawab semua pertanyaan dari semua calon customer potensial
  • Bersiaplah untuk meminta maaf jika terdapat customer yang mengalami masalah di situs website Anda
  • Jika terdapat customer atau calon customer mengeluh, maka jangan segan-segan untuk minta maaf. Pecahkan masalah dan dapatkan kembali kepercayaan customer
Jangan mengabaikan poin-poin di atas. Jika sekali saja Anda mengabaikan dan tidak menanggapi calon customer di media sosial, maka hal tersebut akan menjadi citra yang buruk bagi bisnis online Anda.

Manfaat Media Sosial Sebagai Penunjang Bisnis OnlineTerbaik Anda

Dengan menggunakan media sosial sebagai strategi pemasaran, banyak sekali manfaat yang akan Anda dapatkan. Berikut adalah keuntungannya bagi bisnis online terbaik Anda:

Perluas Jaringan
Dengan menggunakan media sosial sebagai strategi pemasaran, hal tersebut akan memungkinkan Anda untuk memperluas jaringan customer. Sehingga, akan memungkinkan lebih banyak orang melihat produk-produk Anda yang tidak biasa terjangkau dengan media iklan lainnya. Intinya, dengan menggunakan media sosial, Anda memiliki kesempatan untuk terus tumbuh dan menjalin hubungan dengan customer potensial hanya dengan terus aktif dalam media tersebut.

Meningkatkan Visibilitas

Anda dapat menggunakan media sosial untuk membiarkan customer tahu dan terus mengikuti apa produk atau jasa terbaru yang Anda tawarkan. Ketika Anda memberikan penawaran-penawaran besar, maka caloncustomer akan lebih mungkin untuk berbagi dan menyebarkan bisnis Anda ke teman, keluarga, yang juga tertarik dengan produk yang Anda tawarkan. Terlebih, jika Anda telah memiliki banyak followers (pengikut) dalam akun bisnis dalam media sosial, maka tinggal bagaimana cara Anda untuk memberikan penawaran-penawaran terbaik untuk meraih hati customer.


Contohnya, Anda dapat melihat akun Twitter pada Lazada. Dalam capture di atas dapat dilihat bahwa Lazada memiliki followers sebanyak 73,2K atau yang setara dengan 73 ribu lebih follower. Dengan banyaknya followers pada akun Lazada, hal tersebut semakin memungkinkan Lazada memperoleh jangkauan pasar yang lebih luas lagi.

Meningkatkan Loyalitas dengan Konten

Dengan menggunakan media sosial, hal tersebut merupakan langkah terbaik untuk pemasaran Anda. Untuk itu, Anda dapat menggunakan kontenonline dengan tujuan agar publik tahu lebih banyak tentang bisnis yang sedang Anda jalankan dan bagaimana cara Anda dalam menanganicustomer Anda. Misalnya, Anda ingin berjualan online dan menerapkan sistem dropship dengan mengambil produk dari www.Supplier.id. Setelah mempunyai produk, Anda bingung harus memulainya dari mana untuk menjual produk secara online. Untuk itu, Anda harus mencari konten-konten yang dapat memberikan edukasi untuk Anda, misalnya seperti halnya artikel-artikel yang ada di DigitalMarketer.id. Nah, itulah mengapa menambahkan konten baru yang banyak dibutuhkan merupakan sesuatu hal yang wajib dilakukan untuk menciptakan hubungan baik dengan customer potensial. Hal tersebut juga untuk meningkatkan loyalitas merek dan jaringancustomer. Bahkan, dalam konten tersebut, Anda juga bisa menyisipkan soft selling dengan menyinggung beberapa produk atau jasa yang Anda tawarkan.

Menjaga Hubungan Baik dengan Menerima Kritik dan Saran

Seperti yang sudah disinggung sebelumnya, media sosial akan menciptakan ruang publik baru. Itu artinya, Anda harus bersiap-siap menerima saran ataupun kritikan dari customer melalui kolom komentar. Jika ada saran terkait dengan permintaan baru sebuah produk, maka Anda juga harus berusaha untuk memenuhi permintaan calon customer tersebut. Pun jika terdapat kritikan untuk bisnis online Anda, maka jangan ragu untuk memberikan tanggapan atau menawarkan solusi terhadap masalah-masalah yang muncul.


Contohnya, hal ini bisa Anda lihat pada Fanpage Jilbab Indonesia di Facebook. Jilbab Indonesia adalah salah satu toko online yang menjual jilbab maupun busana islami untuk wanita muslim. Baik pada gambar capturedi atas ataupun pada halaman fanpage, admin secara aktif menanggapi saran, kritikan, ataupun pertanyaan dari customer potensial. Aktifnya admin Jilbab Indonesia, berpengaruh besar terhadap like, komentar, serta shareyang dapat menambah jangkauan customer-nya.

YAP, SEPERTI ITULAH
SUMBER : DIGITAL MARKETER

0 komentar:

Post a Comment